Pebruari vs Februari

Lagi-lagi masalah bahasa.

(^_^)v

Yang baku Pebruari pakai “P” atau Februari pakai “F”? Beberapa hari yang lalu itulah yang diributkan di kantor. Saya ngotot bahwa Februari-lah yang benar. Sementara rekan lain sama-sama ngotot bahwa Pebruari-lah yang benar.

Setelah saya lihat di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), //mengintip di toko buku//, akhirnya saya yakin bahwa yang baku adalah Februari. Saya menang!

(^_^)v

Oh ya, sekadar untuk referensi, sekarang ada KBBI versi online! Meski tak resmi dan belum lengkap, semoga ini bisa menjadi salah satu bahan dalam mempelajari dan mengembangkan bahasa Indonesia.

Link: http://kbbi.web.id

[UPDATE]

Sekarang sudah ada KBBI versi Online yang resmi.

About these ads

24 gagasan untuk “Pebruari vs Februari

  1. Waktu SD saya pernah dikasih tau kalo yang bener itu “Pebruari”, tapi guru SMP bilang yang bener itu “Februari”. Jadi bingung…

  2. yang baku itu Februari, Jo. serapan dari bahasa Inggris February.

    kalo orang-orang jadoel emang kebanyakan bilangnya Pebruari. tapi di KBBI ga ada kata Pebruari.

    (^_^)v

  3. Ping-balik: KBBI Daring! « semangat!

  4. o ya ya… ternyata salah juga….
    malah udah berdebat sama murid-murid lagi. saya pikir yang pake F tu yang Inggris, trus kalo dah di Indonesiakan jadi Pebruari… Huuuuhhhhhhhhhhh…
    tapi syukurlah…. akhirnya jadi tahu…

  5. Saudara-saudaraku,
    Inilah alasannya…….
    menurut EYD (ejaan yang disempurnakan) unsur serapan dari bahasa Asing dengan huruf “F” harus tetap “F” jika di-Indonesia-kan.
    Oleh karena itu FEBRUARY akan menjadi FEBRUARI
    Semoga bermanfaat

    Heru Santoso Wahito Nugroho

  6. mmmmm… ini agak rancu dan saya juga ga terlalu percaya sama yang bikin kamus itu. Mereka juga pasti diskusi dulu sebelum dapat jawaban suara terbanyak yang menang pastinya… sekarang kita balik kalo di KBBI: Photo itu diindonesiakan jadi Poto atau Foto?????? Photography = potograpi atau fotografi??? itu berdasarkan bunyi yang dikeluarkan congor apa tulisan si?? anehhh

  7. Saudara J….
    aturannya begini….

    PH menjadi F, contohnya photo menjadi foto, phase menjadi fase, physiology menjadi fisiologi
    F menjadi F, contohnya february menjadi februari, fact menjadi fakta

    selain itu masih banyak lagi, dan dapat dilihat pada buku pedoman EYD.
    semoga bermanfaat.

    • Betul sekali, Saudara Heru. Sedikit menambahkan: khusus pada kasus ‘telephone’ dapat menjadi ‘telefon’ sebagaimana rumus yang berlaku di atas, atau sedikit menyimpang menjadi ‘telepon’. Keduanya betul dan baku. :D

      • ha….ha……..
        ya kalo emang sudah buat syarat2 dan kententuan umum, ya segera di-baku-kan saja, jangan jadi buat bingung, kita disuruh menafsirkan sendiri…………….
        apotik atau apotek, telepon atau telefon, februari atau pebruari.
        untuk “februari”, jaman saya sekolah dulu yang diajarkan adalah “Pebruari”, nah makanya EYD membakukan aja.
        Tapi jangan lupa, setelah kata asing terserap menjadi anggota dalam suatu bahasa tertentu, kata tersebut akan dipenuhi dengan rasa – kebiasaan – budaya masyarakat tersebut, dan sebagai titik mutlaknya dia (kata tersebut) sudah bukan lagi sebuah kata serapan………
        Naahhhhhh…………… inti kata kan sepatah ucapan yang punya arti, kenapa harus pusing2 mikir aturan segala, yang penting santun untuk semua kalangan, segera bakukan aja jadi anggota dalam bahasa indonesia dan TIDAK USAH DIRUBAH RUBAH LAGI………..

        • Ya dengan adanya ketentuan tersebut, ya berarti sudah dibakukan, Bung. :D

          Untuk melihat kata-kata mana yang sudah dibakukan dan mana yang tidak/belum, silakan melihat daftar lema di KBBI terbaru. Sederhana, bukan?

  8. Betul sekali…..
    Dengan aturan yang ada di EYD, KBBI, pedoman penyerapan istilah….
    Berarti semua itu sudah dibakukan……
    Kita saja yang menulis sekenanya tanpa memperhatikan pembakuan istilah ….
    Demi rasa nasionalisme …..
    Demi kecintaan kepada tanah air….
    Kita junjung tinggi bahasa kita, Bahasa Indonesia…
    Bagaimana caranya ?…..
    Tentu saja berusaha menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar………

  9. Dari dulu sering salah kaprah ini. Mayoritas memang yg dipakai Februari, cuma beda huruf y dan i dari bahasa inggris-nya. tapi di sekolah dan di kantor dibilang itu tidak baku, bakunya yg pakai P. begitu juga dengan November, saat tulis November, diingatkan bahwa bakunya Nopember. ternyata yang disalahkan itulah yg benar.

  10. Semua sudah lama dibakukan. Semua sudah lama dimuat di dalam aturan. Oleh karena itu, mari kita ubah kebiasaan yang kurang baik yaitu suka menafsirkan sendiri kebenaran dalam berbahasa Indonesia ! Mari kita pelajari kembali berbagai pedoman Bahasa Indonesia yang baik dan benar, misalnya kamus, EYD, dan sebagainya ! Mari kita junjung bahasa persatuan Bahasa Indonesia ! Mari kita jayakan Indonesia !

  11. Alhamdulillah….akhirnya saya dapat info yang jelas dalam penulisan tata bahasa Indonesia yang benar menurut EYD, sangat bermanfaat untuk acuan editing buku, hal ini perlu juga disampaikan kepada anak-anak kita karena tidak menutup kemungkinan mereka juga memiliki pemahaman yang sama dengan kita terkait salah kaprah ini, terimakasih untuk semua saudaraku

Silakan berkomentar sesuka hati

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s