KBBI Daring!

Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam jaringan….

Akhirnya!

Setelah kemarin sempat tahu ada KBBI online versi tak resmi, sekarang ternyata sudah ada KBBI online versi resminya. Ada di pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/.

Ternyata memang mantap! Akhirnya bisa melihat KBBI di layar monitor. Alhamdulillâh. Terima kasih kepada Pusat Bahasa yang telah membuat impianku menjadi nyata.

Setelah aku jajal, ternyata ada juga kekecewaannya. Pada tampilan UI-nya, ada textbox untuk memasukkan kata yang ingin dilihat artinya. Ada juga pilihannya, sama dengan, diawali, atau memuat kata yang kita masukkan tersebut. Misalnya kita memasukkan kata “bagus” dengan opsi sama dengan. Maka akan muncul dua daftar kata “bagus (1)” dan “bagus (2)” yang berarti kata “bagus” itu mempunyai dua arti yang berlainan. Kemudian misalnya kita klik “bagus (1)” yang berupa javascript, maka akan muncul artian dari kata “bagus (1)”. Demikian halnya kalau kita klik “bagus (2)”.

Menurut saya ini cenderung merepotkan. Terlalu berbelit-belit untuk sekadar mencari artian kata. Seharusnya setelah kata diketik pada bagian textbox, hasil pencarian akan langsung memuat daftar kata berikut artiannya. Ini lebih baik daripada membuat link javascript yang membuat lama.

Tapi salute, terima kasih sekali lagi kepada Pusat Bahasa, yang ternyata benar-benar peduli terhadap perkembangan bahasa Indonesia.

Semangat!

Silakan berkomentar sesuka hati

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s