Malam Pertama

Malam pertama lagi. Alhamdulilläh. Masih juga Engkau pertemukan aku dengan malam pertama Ramadhan ini, ya Alläh.

Malam pertama kali ini terasa lain. Malam pertama yang benar-benar “sendirian”. Sedari kecil sampai SMA, tak sekalipun kulewati malam pertama jauh dari rumah. Tahun pertama kuliah, meski jauh dari orang tua, tapi setidaknya ada kakak kelas yang “mengayomi”. Tahun kedua dan ketiga, sudah agak biasa melewati malam pertama jauh dari rumah. Itu pun masih dalam batas banyak orang-orang di sekitarku yang mengayomiku, membangunkanku sahur, mengingatkanku, dst.

Malam pertama tahun berikutnya kulalui bersama keluargaku. Tidak di rumah, tidak di Pekalongan, melainkan dalam perjalanan dari Jakarta menuju Pekalongan. Hari sebelumnya aku diwisuda, dan tepat malam harinya aku, kedua orang tua, dan dua adikku langsung berangkat pulang ke Pekalongan. Kami sahur di Tegal. Di sebuah warung di Kota Tegal. Warteg asli!

Hingga tibalah malam ini. Malam pertama ini. Aku hidup “sendiri”. Jauh dari orang tua, jauh dari kakak kelas, jauh dari lingkungan yang sudah lumayan kondusif di kampus. Alhamdulilläh aku sudah punya “istri” baru. Semoga saja dia setia menemaniku. Semoga aku mendapat barakah Ramadhan dari-Mu, ya Alläh. Semoga aku bisa memperbaiki diri.

Dan semoga sahur esok aku tidak terlambat bangun. Semangat berpuasa!

(^_^)v

7 pemikiran pada “Malam Pertama

  1. Kami sekeluarga di Batam mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1429 H. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT.

    Farijs van Java berkata,
    selamat menunaikan ibadah puasa juga, pak. amin. semoga kita semua mendapatkan kebarakahan ramadhan.

    (^_^)v

    semangat ///makan/// puasa!

    Suka

  2. Semalam ku jalani malam pertama dengan adik kesayanganku.
    Alhamdulillah tidak sendiri seperti tahun lalu.
    Walaupun tetep harus aku yang membangunkannya untuk sahur.

    Baydewey, Kapan kau kenalkan ‘istri’ mu itu.

    Farijs van Java berkata,
    enaknya…

    (^_^)v

    kapan ya kukenalkan? yah, kapan-kapanlah. hwehe…

    Suka

  3. malam pertama kali ini tarawih perdana adikku yang masih 8 tahun

    “lama banget sih sholatnya mas…hikz”
    nangis dia, jadi ga tega

    dah gitu adikku hari ini shoum juga, untuk yang pertama pula

    Farijs van Java berkata,
    kok udah 8 tahun baru pertama?

    (^_^)v

    yang penting kasih semangat buat adeknya, lah. laki2 pan? musti dididik biar sabar dan kuat, dong. hwehe…

    Suka

Silakan berkomentar sesuka hati

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s