Aroma dan Musik Semangat

Ahad siang yang cerah. Baru saja kuselesaikan santap pagi bersamaan dengan santap siang. Kondisi tubuh? Cukup berkeringat hingga dapat kukatakan aku sedang menuju kesembuhan.

Sejak kutatap purnama di sebelah gedung yang tinggi Jumat kemarin aku merasa tidak enak badan. Tubuh mendemam. Kerongkongan terasa perih. Hidung berair, pilek. Kepala migrain sebelah kanan. Ditambah sembelit!

Aroma tubuhku sudah menuju ke arah harum daripada bau. Untuk itulah aku yakin bahwa aku akan segera sehat.

Berbicara tentang aroma, sekarang aku sedang menyelesaikan membaca novel “Perfume: The Story of a Murderer” karangan Patrick Süskind. Bercerita tentang seorang jenius dalam bidang aroma bernama Jean-Baptiste Grenouille yang hidup dalam abad kedelapan belas di Prancis. Dikisahkan bahwa sejak lahir ia dianugerahi indera penciuman yang sangat tajam serta otak cemerlang yang dapat menyimpan serta memilah-milah beribu-ribu macam aroma.

Dikisahkan dengan gaya bahasa seperti dalam buku-buku dongeng, Grenouille sejak kecil hidup dalam lingkungan yang penuh dengan daya penolakan akan keberadaan dirinya. Ia pun bertekad untuk keluar dari kehidupan yang penuh penderitaan dan berhasrat untuk menglasifikasikan segala aroma yang ada di dunia. Ia lantas bercita-cita menciptakan sebuah parfum yang sempurna, dengan bantuan seorang ahli parfum di kota Paris yang nyaris bangkrut.

Oke. Sekarang mari kita bahas topik Post a Day hari ini saja:

When you’re feeling down, what music cheers you up?

Bonus: why do you think this music has that effect? What music do you prefer when you’re very happy?

Musik yang membuatku semangat? Musik-musik yang rancak dengan suara perkusi yang menghentak-hentak, barangkali. Membuat jantung semakin berdebar, memacu adrenalin, hingga bisa membangkitkan perasaan seperti sedang lari pagi dalam suasana sejuk dan teduh.

Ada juga lagunya Tasya feat. Duta dan Erros So7 yang berjudul “Jangan Takut Gelap”. Lagu dan musiknya sungguh menenangkan. Aku bisa merasakan atmosfer kehangatan dan ketenteraman. Membuat hati menjadi nyaman.

Sekian. Harus segera beranjak ke toilet. Semoga lancar keluar!

===

UPDATE:
Ternyata Perfume: The Story of a Murderer telah difilmkan tahun 2006 lalu! Wah, ketinggalan saya….

6 pemikiran pada “Aroma dan Musik Semangat

    1. Baru separoh aku baca, Mbak. Pernah diceritain ama si Iqbal waktu kami pergi ke pameran buku di Senayan dulu. Penuturan kisahnya itu loh yang aku suka. Kek lagi mendongeng aja.

      Ternyata udah ada filmnya tahun 2006.

      Suka

Silakan berkomentar sesuka hati

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s