Papan Optimus Maximus

Beberapa dari kalian barangkali sudah mengetahui bahwa aku menyukai benda-benda maupun perkakas teknologi yang unik dan tidak banyak diketahui orang. Berikut ini aku menemukan satu lagi benda yang dapat digolongkan ke dalamnya.

Adalah papan ketik bernama Optimus Maximus yang aku temukan dari sebuah situs toko daring yang eksklusif TouchOfModern (silakan daftar melewati tautan ini). Bagaimana rupa papan ketik ini hingga menarik minatku? Beginilah ia, Saudara:

Optimus Maximus keyboard
Optimus Maximus keyboard (www.artlebedev.com)
Optimus Maximus
Optimus Maximus (www.touchofmodern.com)

Jadi papan ketik ini, Saudara, adalah terdiri atas tombol-tombol sebagaimana lazimnya papan ketik untuk komputer biasa ditambah beberapa tombol yang dapat kita kustomisasi semau kita. Bahkan semua tombol-tombolnya dapat kita kustomisasi tak hanya fungsinya melainkan pula tampilannya. Bagaimana bisa?

Tombol pada Optimus Maximus keyboard
Tombol pada Optimus Maximus keyboard (www.touchofmodern.com)
Tombol tambahan pada Optimus Maximus keyboard
Tombol tambahan pada Optimus Maximus keyboard (www.touchofmodern.com)

Jadi, tatkala kita sanggup membeli papan ketik ini \harganya kisaran belasan juta Rupiah\ maka kita menginstal aplikasi konfiguratornya \mendukung Windows dan MacOS X\ yang berpenampilan semacam ini:

Optimus Configurator
Optimus Configurator (www.artlebedev.com)

Secara teori, Saudara, perwajahan (layout) papan ketik ini bisa saja berubah tergantung konfigurasi bahasa yang sedang kita nyalakan. Tombol-tombol huruf bisa berubah misalnya menjadi huruf-huruf hijaiyah apabila konfigurasi bahasa Arab sedang kita hidupkan, dan seterusnya. Bahkan secara konsep tombol-tombol huruf tersebut dapat pula berubah menjadi simbol-simbol atau ikon-ikon ketika kita sedang menggunakan suatu aplikasi tertentu. Dalam konsep papan ketik ini, beginilah tampilan papan ketik apabila kita sedang membuka program Photoshop:

Optimus concept (Photoshop)
Optimus concept (Photoshop) (www.artlebedev.com)

Konsep semacam inilah yang menarik perhatianku, Saudara, karena sejak dahulu aku sering membayangkan papan ketik yang minimal tombol-tombol hurufnya dapat berubah seperti ini.

Sebagai tambahan, papan ketik ini menggunakan color OLED display dengan resolusi masing-masing sebesar 48×48, dua buah USB port, dan satu buah slot SD card. Papan ketik dihubungkan ke komputer menggunakan kabel USB dan agar menyala (sepertinya) harus pula diarusi oleh listrik rumah melalui kabel DC yang (sepertinya) disertakan.

Sekian.

5 pemikiran pada “Papan Optimus Maximus

  1. wow keren banget bisa disesuikan aplikasi yang dibuka…. wah sort cut sort cut bisa cepat terdeteksi ya… keren banget.. tapi mahal gila ya… 😦

    Suka

Silakan berkomentar sesuka hati